Senin, 23 November 2015

IHSG This Week

Weekend kemaren tidak sempat nulis analisis buat minggu ini karena padatnya kesibukan nganterin RI 1. So, here we go...

Menurut saya, minggu ini pergerakan IHSG cenderung akan dipengaruhi oleh sentimen dari pasar saham negara lain atau biasa disebut Major Stock Indices. Jika minggu ini pasar saham negara lain kompak memerah, maka bukan tidak mungkin IHSG akan ikut memerah.

Dari dalam negeri sendiri, mungkin pergerakan IHSG akan digerakan oleh asing. Hal tersebut dikarenakan pada minggu kemarin tampak bahwa IHSG sedang dalam masa fase mark-up (artinya asing atau Big Player sedang menaikan harga untuk memperoleh keuntungan). Sehingga untuk minggu ini mungkin fase mark-up tersebut akan berhenti.

Hal ini dikuatkan oleh pada perdagangan hari ini.
Dapat dilihat dari gambar diatas, pada penutupan perdagangan hari ini terlihat IHSG dipaksa untuk turun, dan terjadi Net Foreign Selling. Menurut saya ini adalah tahap awal kalau Big player akan menjual saham-sahamnya atau biasa disebut fase distribusi. Hal ini juga diperkuat oleh data MFI.

Berdasarkan indikator MFI terlihat pada perdagangan hari ini tidak terjadi kenaikan aliran dana masuk dan cenderung flat, bukan tidak mungkin untuk besok terjadi pembalikan arah atau yang berarti terjadinya dana keluar dari IHSG. Sehingga jika hal tersebut terjadi, maka IHSG akan turun.

Jadi untuk minggu ini pergerakan IHSG akan cenderung menurun untuk beberapa hari kedepan
Untuk rangenya masih sama yaitu di 4346-4600
Support terdekat di MA50 lalu Support kedua ada di level 4346
Resist terdekat ada di MA100 lalu Resist kedua ada di level 4700

Rekomendasi saham:

  • AKRA buy dibawah 6000
  • TLKM buy dibawah 2800
  • WSKT buy 1700

Disclaimer On

#UtampanScratch


Tidak ada komentar:

Posting Komentar