Minggu, 21 Februari 2016

IHSG minggu ini

Pada minggu kemaren saya memperkirakan bahwa IHSG akan bergerak sideways cenderung turun dan ternyata hanya pada hari Jumat IHSG turun. Dari hari Senin sampai Kamis IHSG bergerak naik dengan didampingi aliran modal asing yang masuk sebesar 617 Milyar, namun pada hari Jumatnya IHSG terkoreksi cukup dalam sebesar 1,7% dengan didampingi dengan aliran modal asing keluar sebesar 720 Milyar. Sehingga membuat IHSG pada minggu kemarin memiliki kecenderungan turun dengan diikuti oleh Net Selling oleh investor asing sebesar 103 Milyar.

Penurunan IHSG pada jumat kemarin merupakan panic selling yang dilakukan oleh investor (asing dan lokal) lantaran berita tentang NIM perbankan yang direncakanan menjadi single digit dan ada yang bilang menjadi 4%-an. Untuk cerita lebih lanjut mengenai NIM sepertinya bisa cari di google mungkin ya, hehehe.



Minggu ini IHSG akan bergerak sideways dengan kecenderungan turun dengan range Support 5130 - Resist 5800. Kalau IHSG bisa nembus batas resist dengan didampingi dengan net buying asing, maka akan lebih terbuka untuk memasuki tren bullish. 

Kecenderungan turunnya IHSG ini berlandaskan indikator MFI yang bergerak turun cukup dalam, hal ini mengindikasikan adanya dana yang keluar dari IHSG. 

Lalu pada Indikator MACD juga menandakan akan kecenderungan terkoreksi untuk IHSG. Hal ini karena MACD line (garis biru pada grafik MACD) memotong kebawah (death cross) garis signal line ( garis merah pada grafik MACD).

Jika nantinya IHSG terjadi turun mungkin hanya aksi profit taking yang dilakukan investor-investor. akan lebih baik jika turunnya IHSG juga didampingi dengan adanya Net Buying oleh investor asing.

Rekomendasi saham:

  • BSDE buy dibawah 1730, akan lebih baik buy dibawah 1700
  • MPPA buy dibawah 1780

Disclaimer On

Tidak ada komentar:

Posting Komentar