Minggu, 08 Mei 2016

Tulisan Mingguan #3

Review Minggu Sebelumnya:

Perdagangan bursa saham pada minggu kemarin dibuka hanya 3 hari karena terdapat 2 tanggal merah di hari Kamis dan Jumat, lalu pada 3 hari perdagangan minggu kemarin IHSG bergerak kecenderungan melemah dengan posisi Low : 4765,41 ; High: 4835, 523; Close: 4822,595. Posisi low pada minggu kemarin hampir mendekati batas support perkiraan saya pada minggu kemarin yaitu level 4750 (bisa dilihat disini ). Pada minggu kemarin juga terjad Net Sell Foreign sebesar 1,3Triliun, pertanda bahwa mitos sell on may and go away mungkin terjadi di IHSG. 

Salah satu penyebab memerahnya IHSG ialah menjelang pengumuman oleh BPS terkait dengan GDP kuartal 1 yang dibawah ekspektasi. Hasilnya ternyata cukup tepat, GDP kuartal 1 (yoy) tumbuh sebesar 4,92% dibawah ekspektasi para ekonom yang memperkirakan tumbuh diatas 5%. 

Mungkin para investor asing sudah dapat mencium tentang penurunan pertumbuhan  GDP kuartal 1 ini ditandai dengan Net Foreign Sell yang terjadi pada minggu kemarin dan 2 minggu sebelumnya.

IHSG minggu ini:


Range gerak S4750-R4870. Bergerak sideways dengan kecenderungan melemah, IHSG bisa saja menembus Support 4750 jika minggu ini terjadi Net Foreign Sell yang cukup besar dalam IHSG. Berdasarkan indikator MACD dan MFI memperlihatkan terjadi tren penurunan didalam IHSG dalam beberapa minggu terakhir, hal ini menjadi salah satu alasan saya juga mengapa IHSG akan cenderung bergerak melamah untuk minggu ini.

Publikasi yang mungkin jadi perhatian:
  • Publikasi Trade Balance, ekspor, dan impir Tiongkok. Hasilnya tampak mengecewakan sepertinya 
  • Publikasi BOP Indonesia
  • Publikasi GDP kuartal 1 beberapa negara Eropa dan Uni Eropa.
 Untuk rekomendasi saham mungkin akan di update selanjutnya jika sudah ada saham yang menarik untuk dibeli

#Disclaimer On

Tidak ada komentar:

Posting Komentar